TUGAS ERGONOMI ( FATIGUE )

1.1  Pengertian Kelelahan  (Fatigue)

 

Lelah adalah suatu mekanisme perlindungan tubuh agar tubuh terhindar dari kerusakan lebih lanjut sehingga terjadi pemulihan setelah istirahat. Istilah kelelahan biasanya menunjukkan kondisi yang berbeda-beda dari setiap individu, tetapi semuanya bermuara kepada kehilangan efisiensi dan penurunan kapasitas kerja serta ketahanan tubuh. Hal ini menunjukkan bahwa kelelahan berperan dalam menjaga homeostatis tubuh.

Kelelahan (fatigue) merupakan suatu kondisi suatu kondisi yang telah dikenali dalam kehidupan sehari-hari. Istilah kelelahan pada umumnya mengarah pada kondisi melemahnya tenaga untuk melakukan suatu kegiatan, walaupun ini bukan merupakan satu-satunya gejala.

Secara harafiah, fatigue dapat diartikan secara sederhana sama dengan kelelahan yang sangat (deep tiredness), mirip stres, bersifat kumulatif. Bila dikaitkan dengan pengalaman seperti apa sebenarnya fatigue itu, pengertiannya menjadi bervariasi. Dari berbagai literatur, fatigue sering dihubungkan dengan kondisi kurang tidur, kondisi akibat tidur yang terganggu, atau kebutuhan kuat untuk tidur yang berhubungan dengan panjangnya waktu kerja, dan stres-stres kerja (dan penerbangan) yang bervariasi. Ahli lainnya sering mengkaitkan fatigue dengan perasaan lelah bersifat subjektif, hilangnya perhatian bersifat temporer, dan menurunnya respon psikomotor ; atau, berhubungan dengan gejala-gejala yang dikaitkan dengan menurunnya efisiensi performance dan skill; atau, berhubungan dengan menurunnya performance . Fatigue juga kerap dikaitkan dengan kondisi non-patologis yang dapat membuat kemampuan seseorang menurun dalam mempertahankan kinerja yang berhubungan dengan stres fisik maupun mental ; atau, terganggunya siklus biologis tubuh (jet lag). Kelelahan kerja menurut Tarwaka (2004), merupakan suatu mekanisme perlindungan agar terhindar dari kerusakan lebih lanjut, sehingga dengan demikian terjadilah pemulihan setelah istirahat.

Kelelahan adalah perpaduan dari wujud penurunan fungsi mental dan fisik yang menghasilkan berkurangnya semangat kerja sehingga menagkibatkan efektifitas dan efisiesni kerja menurun (Saito, 1999). Menurut Kroemer 1997, kelelahan kerja merupakan gejala yang ditandai dengan adanta persaan lelah dan kita merasa segan dan aktivitas akan melemah serta ketidakseimbangan pada kondisi tubuh. Kelelahan mempengaruhi kapasitas fisik, mental, dan tingkat emosional seseorang, dimana dapat mengakibatkan kurangnya kewaspadaan, yang ditandai dengan kemunduran reaksi pada sesuatu dna berkurangnya kemampuan motorik ( Australia safety compensation council, 2006)

 

1.2  Jenis-jenis kelelahan ( fatigue )

Kelelahan dapat dibedakan menjadi 3 (tiga) kelompok, yaitu berdasarkan :

1. Proses

a. Kelelahan otot ialah menurunnya kinerja sesudah mengalami stress tertentu yang ditandai dengan menurunnya kekuatan dan kelambanan gerak.

b. Kelelahan umum, menurut Grandjean (1985) ialah suatu perasaan yang menyebar yang disertai adanya penurunan kesiagaan dan kelambanan pada setiap aktivitas. Perasaan adanya kelelahan secara umum ditandai dengan berbagai kondisi antara lain :

  • Kelelahan visual, yaitu ketegangan yang terjadi pada organ visual (mata).
  • Kelelahan mental, yaitu kelelahan yang disebabkan oleh pekerjaan mental atau intelektual (proses berpikir).
  • Kelelahan syaraf, yaitu kelelahan yang disebabkan oleh tekanan berlebihan pada salah satu bagian sistem psikomotor, seperti pada pekerjaan yang membutuhkan keterampilan.
  • Kelelahan monotonis, yaitu kelelahan yang disebabkan oleh aktivitas kerja yang bersifat rutin, monoton, atau lingkungan kerja yang sangat menjemukan.
  • Kelelahan kronis, yaitu yaitu kelelahan yang disebabkan olehakumulasi efek jangka panjang.
  • Kelelahan sirkandian, yaitu bagian dari ritme siang-malam dan memulai periode tidur yang baru. Pengaruh-pengaruh tersebut terakumulasi di dalam tubuh manusia dan menimbulkan perasaan lelah yang dapat menyebabkan seseorang berhenti bekerja (beraktifitas).

 

2. Waktu terjadinya kelelahan

a. Kelelahan akut, disebabkan oleh kerja suatu organ atau seluruh organ tubuh   secara berlebihan dan datangnya secara tiba-tiba.

b. Kelelahan kronis, merupakan kelelahan yang terjadi sepanjang hari dalam jangka waktu yang lama dan kadang-kadang terjadi sebelum melakukan pekerjaan, selain itu timbulnya keluhan psikosomatis seperti meningkatnya ketidakstabilan jiwa, kelesuan umum, meningkatnya sejumlah penyakit fisik seperti sakit kepala, perasaan pusing, sulit tidur, masalah pencernaan, detak jantung yang tidak normal, dan lain-lain

 

  1. Penyebab terjadinya kelelahan
    1. Faktor fisiologis merupakan kelelahan yang disebabkan karena adanya faktor

lingkungaan fisik, seperti penerangan, kebisingan, panas dan suhu.

  1. Faktor psikologis terjadi apabila adanya pengaruh hal-hal diluar diri yang berwujud pada tingkah laku atau perbuatan dalam memenuhi kebutuhan hidupnya, seperti suasana kerja, interaksi dengan sesama pekerja maupun dengan atasan. (Ida, 2001)

 2.3 Faktor-faktor penyebab kelelahan

       Penyebab kelelahan umum:

Kita tahu dari pengalaman sehari-hari bahwa kelelahan memiliki penyebab yang berbeda, dengan ilustrasi yang paling penting pada Gambar 11.6. Tingkat kelelahan adalah agregat dari semua tekanan yang berbeda dalam sehari. Visualisasikan ini sebagai barel sebagian diisi dengan air. Waktu istirahat penyembuhan adalah keluar dari laras. Untuk memastikan bahwa laras tidak meluap kita harus memastikan bahwa inflow dan outflow adalah dari urutan yang sama besarnya. Dengan kata lain, untuk menjaga kesehatan dan efisiensi proses penyembuhan harus membatalkan tekanan. Penyembuhan terjadi terutama pada malam-waktu tidur, tetapi periode gratis selama hari dan segala macam jeda selama bekerja juga membuat kontribusi mereka.

 

 

Gambar 11,6 diagram Teoritis dari efek gabungan dari penyebab sehari-hari dari kelelahan dan pemulihan yang diperlukan untuk mengimbangi mereka. Tegangan total harus seimbang dengan penyembuhan total dalam siklus 24-jam.

Saring dan penyembuhan harus menyeimbangkan selama siklus 24-jam sehingga tidak dilakukan ke hari berikutnya. Jika sisanya adalah tak terhindarkan ditunda sampai malam berikutnya, hal ini dapat dilakukan hanya dengan mengorbankan baik makhluk dan efisiensi.

 Kelelahan mempunyai beragam penyebab yang berbeda, yaitu :

  1. Beban Kerja

Merupakan volume pekerjaan yang dibebankan kepada tenaga kerja, baik fisik maupun mental dan tanggung jawab. Beban kerja yang melebihi kemampuan akan mengakibatkan kelelahan kerja. (Depkes, 1991)

  1. Beban Tambahan

Beban tambahan merupakan beban diluar beban kerja yang harus ditanggung oleh pekerja. Beban tambahan tersebut berassal dari lingkungan kerja yang memiliki potensi bahaya seperti lingkungan kerja.

Lingkungan kerja yang dapat mempengaruhi kelelahan adalah:

                                                                     a            Iklim Kerja

Iklim kerja adalah hasil perpaduan antara suhu, kelembaban, kecepatan gerakan udara dan panas radiasi dengan tingkat pengeluaran panas dari tubuh tenaga kerja sebagai akibat pekerjaannya (Kepmenaker, No: Kep-51/MEN/1999). Suhu yang terlalu rendah dapat menimbulkan keluhan kaku dan kurangnya koordinasi sistem tubuh, sedangkan suhu terlalu tinggi akan menyebabkan kelelahan dengan akibat menurunnya efisiensi kerja, denyut jantung dan tekanan darah meningkat, aktivitas organ-organ pencernaan menurun, suhu tubuh meningkat, dan produksi keringat meningkat. (Rasjid, 1989)

 

  1. Kebisingan

Kebisingan merupakan suara atau bunyi yang tidak dikehendaki karena pada tingkat atau intensitas tertentu dapat menimbulkan gangguan, terutama merusak alat pendengaran. Kebisingan akan mempengaruhi faal tubuh seperti gangguan pada saraf otonom yang ditandai dengan bertambahnya metabolisme, bertambahnya tegangan otot sehingga mempercepat kelelahan.(Setiarto, 2002)

 

  1. Penerangan

Penerangan ditempat kerja merupakan salah satu sumber cahaya yang menerangi bendabenda ditempat kerja. Penerangan yang baik adalah penerangan yang memungkinkan tenaga kerja melihat pekerjaan dengan teliti, cepat dan tanpa upaya yang tidak perlu serta membantu menciptakan lingkungan kerja yang nikmat dan menyenangkan. Penerangan tempat kerja yang tidak adekuat juga bisa menyebabkan kelelahan mata, akan tetapi penerangan yang terlalu kuat dapat menyebabkan kesilauan.

 

  1. Faktor Individu
    1. Umur

Umur dapat mempengaruhi kelelahan kerja. Semakin tua umur seseorang semakin besar tingkat kelelahan. Fungsi faal tubuh yang dapat berubah karena faktor usia mempengaruhi ketahanan tubuh dan kapasitas kerja seseorang. (Suma’mur, 1999)

  1. Masa Kerja

Masa kerja dapat mempengaruhi pekerja baik positif maupun negatif. akan memberikan pengaruh positif bila semakin lama seseorang bekerja maka akan berpengalaman dalam melakukan pekerjaannya. Sebaliknya akan memberikan pengaruh negatif apabila semakin lama bekerja akan menimbulkan kelelahan dan kebosanan. Semakin lama seseorang dalam bekerja maka semakin banyak dia telah terpapar bahaya yang ditimbulkan oleh lingkungan kerja tersebut. Secara garis besar masa kerja dapat dikategorikan menjadi 3 (Budiono, 2003), yaitu:

1. Masa kerja < 6 tahun

2. Masa kerja 6-10 tahun

3. Masa kerja >10 tahun

2.4 Mekanisme Terjadinya Kelelahan

Konsep kelelahan merupakan reaksi fungsional dari pusat kesadaran yaitu cortex cerebri yang dipengaruhi oleh dua sistem penghambat (inhibisi dan system penggerak/aktivasi) Sampai saat ini masih berlaku dua teori tentang kelelahan otot, yaitu:

  1. Teori Kimia

Secara teori kimia bahwa terjadinya kelelahan adalah akibat berkurangnya cadangan

energi dan meningkatnya sistem metabolisme sebagai penyebab hilangnya efisiensi otot, sedangkan perubahan arus listrik pada otot dan syaraf adalah penyebab sekunder.

  1. Teori syaraf pusat

Bahwa perubahan kimia hanya penunjang proses, yang mengakibatkan dihantarkannya rangsangan syaraf oleh syaraf sensosrik ke otak yang disadari sebagai kelelahan otot. Rangsangan aferen ini menghambat pusat-pusat otak dalam mengendalikan gerakan sehingga frekuensi potensial gerakan pada sel syaraf menjadi berkurang. Berkurangnya frekuensi ini akan menurunkan kekuatan dan kecepatan kontraksi otot dan gerakan atas perintah kemauan menjadi lambat.

Kondisi dinamis dari pekerjaan akan meningkatkan sirkulasi darah yang juga mengirimkan zat-zat makanan bagi otot dan mengusir asam laktat. Karena suasana kerja dengan otot statis aliran darah akan menurun, maka asam laktat akan terakumulasi dan mengakibatkan kelelahan otot lokal. Disamping itu juga dikarenakan beban otot yang tidak merata pada jaringan tertentu yang pada akhirnya akan mempengaruhi kinerja (performance) seseorang. (Eko Nurmianto, 2003)

Kelelahan diatur oleh sentral dari otak. Pada susunan syaraf pusat, terdapat sistem

aktivasi dan inhibisi. Kedua sistem ini saling mengimbangi tetapi kadangkadang salah satu daripadanya lebih dominan sesuai dengan kebutuhan. Sistem aktivasi bersifat simpatis, sedang inhibisi adalah parasimpatis. Agar tenaga kerja berada dalam keserasian dan keseimbangan, kedua sistem tersebut berada pada kondisi yang memberikaan stabilitas pada tubuh. (Suma’mur PK, 1999)

2.5  Dampak Kelelahan ( fatigue )

Beberapa bentuk kelelahan yang terjadi pada dunia kerja merupakan suatu kondisi kronis ilmiah. Keadaan ini tidak hanya disebabkan oleh suatu sebab tunggal seperti terlalu kerasnya beban kerja, namun juga oleh tekanan-tekanan yang terakumulasi setiap harinya pada suatu masa yang panjang. Bila keadaan seperti ini berlarut-larut maka akan muncul tanda-tanda memburuknya kesehatan yang lebih tepat disebut “ kelelahan Klinis atau Kronis ”.

Pada keadaan seperti ini, gejalanya tidak hanya muncul selama periode stress atau sesaat setelah masa stress, tetapi cepat atau lambat akan sangat mengancam setiap saat perasaan lelah kerap kali muncul ketika bangun di pagi hari, justru sebelum saatnya bekerja, misalnya berupa perasaan “ kebencian ” yang bersumber dari terganggunya emosi. Sejumlah orang kerap kali menunjukkan gejala-gejala sebagai berikut :

  1. Munculnya tanda-tanda kelelahan psikosomatis diatas berpengaruh pula pada waktu-waktu absent dari pekerja. Hal ini menunjukkan bahwa penyebab ketidak hadiran ditempat  kerja, karena yang bersangkutan membutuhkan waktu istirahat yang lebih banyak.
  2. Tenaga kerja yang mempunyai masalah psikologis dan kesulitan-kesulitan lainnya amatlah mudah untuk mengidap suatu bentuk kelelahan kronis dan sangatlah sulit melepaskan keterkaitannya dengan maslah kejiwaan.

 

Gambaran mengenai gejala kelelahan secara subjektif dan objektif antara lain :

  1. Perasaan lesu, ngantuk dan pusing
  2. Tidak / kurang mampu berkonsentrasi
  3. Berkurangnya tingkat kewaspadaan
  4. Persepsi yang buruk dan lambat
  5. Tidak ada / berkurangnya gairah untuk bekerja
  6. Menurunnya kinerja jasmani dan rohani
  7. Gejala-gejala yang timbul ini dapat menyebabkan penurunan efisiensi dan efektivitas kerja fisik dan mental. Sejumlah gejala tersebut menifestasinya timbul berupa keluhan oleh tenaga kerja dan seringnya tenaga kerja tidak masuk kerja.

 

Kronis (atau klinik) kelelahan

Beberapa negara kelelahan yang timbul dari praktek industri bersifat kronis. Ini adalah kondisi yang dibawa bukan oleh satu contoh dari terlalu melelahkan tetapi dengan tekanan yang kambuh lebih hari atau periode lebih lama. Karena kondisi seperti ini biasanya juga disertai dengan tanda-tanda kesehatan yang buruk, hal ini benar bisa disebut kelelahan klinis atau kronis .

Dalam kondisi ini gejala terjadi tidak hanya selama masa stres atau segera sesudahnya tetapi laten hampir sepanjang waktu. Perasaan kelelahan sering hadir pada bangun di pagi hari, sebelum pekerjaan telah dimulai.Bentuk kelelahan sering disertai dengan perasaan jijik untuk bekerja, yang memiliki asal-usul emosional. Orang jadi lelah sering menunjukkan gejala berikut:

1  

Peningkatan ketidakstabilan psikis (quarrelsomeness dan perilaku yang terkait).

2  

Cocok depresi (kekhawatiran tak berdasar).

3  

Umum melemahnya drive dan keengganan untuk bekerja.

4  

Meningkatkan kemungkinan penyakit.

Penyakit ini sebagian besar tidak jelas dan datang di bawah judul dari gangguan psikosomatik. Istilah ini diterapkan untuk gangguan fungsional dari organ internal atau sirkulasi yang dinilai menjadi manifestasi eksternal dari konflik psikologis dan kesulitan. Beberapa gejala yang lebih umum adalah:

  1. sakit kepala
  2. Kepeningan
  3. hilangnya tidur
  4. denyut jantung tidak teratur
  5. berkeringat mendadak cocok
  6. kehilangan nafsu makan
  7. pencernaan masalah (sakit perut, diare, sembelit).
  8. Penyakit lebih berarti absen lebih dari pekerjaan, terutama absen singkat, menunjukkan bahwa penyebab ketidakhadiran adalah kebutuhan untuk lebih banyak istirahat.
 
 
 
 
 
 

Orang-orang yang memiliki masalah psikologis dan kesulitan dengan mudah jatuh ke dalam keadaan kelelahan kronis dan seringkali sulit untuk memisahkan mental mereka dari masalah fisik mereka. Dalam prakteknya, sebab dan akibat sulit untuk membedakan dalam kasus-kasus klinis kelelahan. Penyebabnya mungkin suka pendudukan, tugas langsung atau tempat kerja, atau sebaliknya ini mungkin menjadi penyebab ketidakmampuan untuk bekerja atau lingkungan.

 

Dampak Kelelahan Terdahap Produktivitas Kerja

Terdapat keterkaitan yang erah antara kelelahan yang dialami tenaga kerja dengan kinerja perusahaan. Apabila tingkat produktivitas  seseorang tenaga kerja terganggu yang disebabkan oleh kelelahan fisik maupun psikis, maka akibat yang ditimbulkannya akan terasa oleh perusahaan berupa penurunan produktivitas perusahaan. Tenaga kerja sebagai asset investasi perusahaan perlu perlu dikeloka dengan baik dan benar antara lain dengan memperhatikan factor-faktor kemungkinan timbulnya kelelahan.

Sebagai diketahui, bahwa dengan peningkatan kinerja organisasi melalui penanganan tata cara kerja yang ergonomic adalah salah satu cara untuk meningkatkan produktivitas, khususnya ila organisasi tersebut tidak memiliki tambahan dana investasi. Oleh karena itu , perbaikan terhadap system kerja, faktor-faktor fisik dan lingkungan krja agar segera dilakukan, sehingga tercipta suasana lingkungan kerja yang aman, nyaman sehat dan produktif.

Tubuh kita  ini ada batasnya, diibaratkan sebagai mesin mobil, tubuh manusiapun perlu istirahat. Jika terus dipaksa untuk beraktifitas maka tubuh kita akan mengalami kelelahan. Dampak kelelahan ini adalah gangguan kesehatan secara umum, kambuhnya berbagai penyakit kronis dan menurunnya daya tahan tubuh seseoarang. Kelelahan serta stress yang tinggi juga akan sangat mengganggu proses metabolisme dan hormonal didalam tubuh kita.

Kelelahan terjadi karena dipaksanya fisik dan mental kita untuk bekerja secara terus menerus tanpa istirahat yang cukup. Selain itu kondisi lingkungan yang selalu menuntut beliau tersenyum dan meladeni permintaan penggemarnya untuk berfoto dan minta tanda tangan  akan memperburuk kondisi kelelahan yang terjadi.

Dampak kelelahan ini dapat berakibat serius bagi kesehatan seseorang apalagi tanpa disertai asupan makan yang cukup. Kelelahan berhubungan dengan berbagai gangguan kesehatan seperti gangguan sistim pencernaan, gangguan sistim jantung dan pembuluh darah termasuk pembuluh darah otak serta penurunan daya tahan tubuh. Ini terjadi pada briptu Norman dia mengalami diare sehingga kondisinya bertambah menurun.

Gangguan pencernaan merupakan hal utama yang terjadi jika seseorang mengalami kelelahan. Keluhan pencernaan yang timbul antara lain nafsu makan berkurang dimana hal ini akan memperparah kondisi fisik yang sedang mengalami kelelahan tersebut. Seseorang yang mengalami kelelahan juga akan mengalami mual bahkan muntah serta nyeri di uluhati. 

Mereka yang mengalami kelelahan juga sebenarnya sudah tidak berkonsentrasi dan bekerja dengan baik selain itu emosinya juga menjadi tinggi. Kecelakaan lalu lintas sering terjadi pada pengendara yang sedang mengalami kelelahan tersebut.

Berbagai penyakit kronis dapat menjadi kambuh jika seseorang mengalami kelelahan antara lain sakit maag, gangguan kejiwaan, asma, Diabetes Mellitus, hipertensi, stroke dan serangan jantung.

Kelelahan fisik dan psikis juga akan memperburuk daya tahan tubuh seseorang yang mengalami kelelahan tersebut mereka akan mudah terkena infeksi virus seperti virus flu, mudah terjadi infeksi usus berupa diare mereka juga rentan terkena infeksi virus Hepatitis, Demam Thypoid dan virus demam berdarah.

Dalam kondisi demikian, diharapkan tingkat kelelahan tenaga kerja dapat ditekan dan dikendalikan ke tingkat yang wajar agar produktivitas kerja tidak mengalami gangguan.

Untuk mencegah dan mengatasi memburuknya kondisi kerja akibat faktor kelelahan pad tenaga kerja disarankan agar :

1.      Merubah metoda kerja menjadi lebih efesien dan efektif

2.      Menerapkan penggunaan peralatan dan pranti kerja ang memenuhi standar ergonomic.

3.      Menjadwalkan waktu istirahat yang cukup bagi seorang tenaga kerja

4.      Menciptakan suasana lingkungan kerja yang sehat, aman, dan nyaman, bagi tenaga kerja.

5.      Melakukan pengujian dan  evaluasi kinerja tenag kerja secera periodic untuk mendeteksi indikasi kelelahan secara lebih dini menemukan solusi yang tepat.

6.    Menerapkan saran produktivitas kerja berdasarkan pendekatan manusiawi dan fleksibiltas yang tinggi.

 

2.6    Contoh jenis pekerjaan yang berhubungan dengan kelelahan pada pekerja

Salah satu jenis pekerjaan yang sangat berkaitan dengan kelelahan yaitu pekerja yang bekerja di bidang manufacture dan jasa. Di bidang jasa, dapat diperhatikan yaitu perawat yang bekerja di Rumah Sakit dengan memiliki sistem kerja Shift.

Perawat sebagai salah satu diantara pemberi pelayanan mempunyai waktu paling panjang disisi pasien yaitu selama 24 jam yang terbagi menjadi 3 shift (pagi,siang,malam). pengaturan shift kerja dan pemberian waktu istirahat pada hakekatnya bertujuan untuk mengurangi kelelahan pada pekerja. Tetapi dampak pengaturan waktu kerja tersebut tetap memberikan efek terhadap tenaga kerja.

Bagi seorang pekerja, shift kerja berarti berada pada lokasi kerja yang sama, baik teratur pada saat yang sama (shift kerja kontinyu) atau pada waktu yang berlainan (shift kerja rotasi). Shift kerja berbeda dengan hari kerja biasa, dimana pada hari kerja biasa pekerjaan dilakukan secara teratur pada waktu yang telah ditentukan sebelumnya, sedangkan shift kerja dapat dilakukan lebih dari satu kali untuk memenuhi jadwal 24 jam/ hari. Bagi industri manufaktur dan jasa, cara yang umum digunakan adalah membagi 24 jam menjadi 3 shift dengan panjang yang sama. Di Inggris dan Eropa biasanya diterapkan dari pukul 06.00 sampai 14.00 (shift pagi), 14.00 sampai 20.00 (shift sore), dan 20.00 sampai 06.00 (shift malam) – atau satu jam (bisa 2 jam) lebih dulu untuk tiap shift.

Pekerja shift adalah sebagai seseorang yang bekerja diluar jam kerja normal dalam seminggu. Para pekerja shift termasuk mereka yang bekerja dalam tim berotasi, pekerja malam dan mereka yang bekerja pada jam-jam yang tidak umum, minggu kerja yang tidak umum dan hari kerja yang diperpanjang. (Lanfranchi, 2001)

Salah satu penelitian menyatakan bahwa Shift Kerja Berpengaruh Terhadap Kelelahan Kerja Perawat Wanita Bagian Rawat Inap Di Rumah Sakit Dr. OEN SURAKARTA. Penelitian ini dilakukan di Bagian Rawat Inap Di Rumah Sakit Dr. OEN SURAKARTA. Penelitian Bertujuan Untuk Mengetahui Pengaruh Shift Kerja Terhadap Kelelahan Kerja Perawat Wanita

Metode : Jenis Penelitian Yang Digunakan Adalah Observasional Analitik Dengan Pendekatan Cross Sectional. Subjek Penelitian Diambil 34 Orang Dari Populasi 207 Orang Perawat Wanita Bagian Rawat Inap Di Rumah Sakit Dr. OEN SURAKARTA Yang Bekerja Saat Shift Pagi, Sore, Dan Malam Dengan Purposive Sampling. Teknik Pengumpulan Datanya Yaitu Dengan Melakukan Wawancara Dan Pengukuran. Teknik Pengolahan Dan Analisis Data Dilakukan Dengan Uji Statistik Chi-Square Dan Uji Koefisien Kontingensi.

Hasil : Hasil Pengukuran Kelelahan Kerja Diketahui Bahwa Shift Malam Lebih Banyak Mengalami Kelelahan Kerja Dibandingkan Shift Pagi Dan Shift Sore, Namun Shift Pagi Lebih Banyak Mengalami Kelelahan Kerja Jika Dibandingkan Shift Sore. Hal Ini Dikarenakan Adanya Faktor Lain Yang Mempengaruhi Kelelahan Kerja. Hasil Uji Statistik Chi-Square Diperoleh P = 0,000 Dengan Demikian P < 0,05 Berarti Ada Pengaruh Shift Kerja Terhadap Kelelahan Kerja Perawat Wanita Bagian Rawat Inap Di Rumah Sakit Dr. OEN SURAKARTA. Sedangkan Shift Yang Paling Mempengaruhi Kelelahan Kerja Perawat Wanita Bagian Rawat Inap Di Rumah Sakit Dr. OEN SURAKARTA Adalah Shift Malam Yaitu Berpengaruh Sebesar 46,9%.

Simpulan : Shift Kerja Berpengaruh Terhadap Kelelahan Kerja Perawat Wanita Bagian Rawat Inap Di Rumah Sakit Dr. OEN SURAKARTA. Shift Yang Paling Mempengaruhi Kelelahan Kerja Perawat Wanita Bagian Rawat Inap Di Rumah Sakit Dr. OEN SURAKARTA Adalah Shift Malam

About santykusno

public health occupational safety and health diponegoro university
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

2 Responses to TUGAS ERGONOMI ( FATIGUE )

  1. mlm mba….
    mau nanya, kira2 mba punya buku tentang kelelahan ngk mba?
    soalny pembahasannya di atas bgus. yg tahun 2004-2014 mba…
    mksh banyak mba

Leave a comment